“CHATTING VIA MOBILE/PC”

BLOG3

FOR PC 

1. Viber

Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Bada, Nokia

Viber mendukung semua platform yang ada saat ini. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk panggilan suara dan juga video. Berkirim pesan teks yang disertai dengan sticker juga sangat dimungkinkan.

Keunikan dari aplikasi ini adalah pengguna harus menggunakan nomor telepon untuk menggunakannya. Nomor telepon ini nantinya akan berfungsi sebagai ID dari pengguna.

Untuk menggunakan aplikasi ini di PC atau Mac, pengguna hanya perlu mengaktifkan fungsi tersebut dari perangkat mobile.

2. Hipchat

Platform yang didukung: Windows (beta), OS X, Linux (beta), iOS, Android

Aplikasi yang satu ini didesain untuk dunia pekerjaan. Aplikasi gratisnya mengizinkan pengguna untuk membuat ruangan chat hingga 5 orang, dengan biaya 2 dollar AS per pengguna tambahan.

Selain chat group, pengguna juga dapat melakukan chat individual dengan pengguna lain.

Ia dilengkapi kemampuan untuk berkirim dan berbagai file. Pun terdapat kemampuan untuk menonton video YouTube atau melihat tweet seseorang langsung dari aplikasi.

Satu fitur yang membuat aplikasi itu sangat cocok untuk dunia pekerjaan adalah kemampuan enkripsi pesan 256-bit SSL.

3. Skype

Platform yang didukung: Windows, OS X, Linux, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry

Aplikasi ini merupakan pemain lama di dunia berkirim pesan teks dan juga VoIP. Ia memiliki kemampuan yang baik untuk panggilan video dan suara. Karena sudah beredar bertahun-tahun, bug dan juga masalah teknis lainnya yang ada di aplikasi ini tidaklah terlalu banyak.

Skype diakuisisi oleh Microsoft pada akhir tahun 2011 silam. Microsoft akhirnya memutuskan untuk menutup layanan pengiriman pesan mereka, Windows Live, dan menggantikannya dengan Skype. Daftar kontak yang ada di Windows Live pun dimigrasi ke Skype.

4. Facebook Messenger

Platform yang didukung: Windows, iOS, Android, BlackBerry

Salah satu keuntungan dari menggunakan aplikasi ini adalah nyaris semua orang yang Anda kenal kemungkinan sudah menggunakannya. Pengguna bisa terus chatting dengan semua teman yang ada di daftar kontak di Facebook menggunakan aplikasi ini.

Salah satu kekurangannya, Facebook Messenger masih belum hadir di sistem operasi Mac OS X. Ia juga dikabarkan sering crash atau hang.

5. Line

Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Asha

Ia merupakan salah satu rising star di dunia aplikasi pengiriman pesan. Masih belum terlalu dikenal di dunia Barta, tetapi menjadi bintang di Asia. Jumlah unduhan aplikasi ini diklaim telah mencapai 200 juta.

Fitur yang diberikan seperti panggilan suara, video, mengirim foto, game, dan sticker. Fitur terakhir yang disebutkan menjadi salah satu faktor mengapa aplikasi ini begitu digandrungi. Sticker buatan Line mampu hadir dengan karakter yang unik, lucu, dan imut.

6. Yahoo Messenger

Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Symbian, BlackBerry

Dapat dikatakan sebagai legenda hidup di dunia chatting. Pertama kalinya dirilis pada tahun 1998, meskipun tidak menggunakan nama Yahoo Messenger. Ia hadir duluan di platform PC dengan nama Yahoo Pager, sebelum akhirnya berubah nama menjadi Yahoo Messenger with Voice di tahun 2005, dan berganti menjadi Yahoo Messenger dari tahun 2006 hingga saat ini.

FOR MOBILE

1. eBuddy
Hmm.. saya rasa aplikasi yang sudah sangat populer ini sudah nggak perlu dibahas lagi panjang lebar 🙂
Dengan tampilan yang didukung oleh ikon-ikon yang menarik dan warna yang atraktif plus kemudahan penggunaannya, eBuddy memang sangat menyenangkan untuk digunakan ber-chat ria melalui hand phone.
Protokol yang dapat diakses menggunakan aplikasi ini pun sudah mendukung layanan-layanan instant messaging populer seperti MSN, YM, AIM, ICQ, GTalk dan tentu saja Facebook!
2. Nimbuzz
Nah… kalau Anda merasa kurang puas dengan fitur-fitur yang disediakan di eBuddy, aplikasi Nimbuzz mungkin bisa lebih memuaskan Anda.
Nimbuzz memiliki fitur panggilan telepon internasional dengan sesama penggunanya.
Namun sayangnya fitur ini hanya berfungsi untuk ponsel dengan dukungan sistem operasi Symbian atau Windows Mobile.
Perlu fasilitas buzz, berkirim foto/file dan chatting dengan fasilitas voice?
Nimbuzz mampu menyediakannya!
Ingin berbagi lokasi lokasi dengan teman chatting Anda?
Nimbuzz mampu mendukungnya!
Ingin memiliki backup phonebook ponsel Anda?
Nimbuzz memiliki fasilitas untuk melakukannya!

3. YehBa
Secara usia, aplikasi YehBa memang masih tergolong baru dibandingkan yang lainnya.
Tapi dengan dukungan pengembangan yang akseleratif, kemungkinan YehBa akan menggusur senior-seniornya.
Fitur unggulan dibandingkan dengan aplikasi lainnya adalah kemampuan mobile blogging.
Plus, kemampuan manajemen bandwidth nya yang luar biasa!
Jika Anda menggunakan internet yang berbasiskan quota maka YehBa sangat cocok karena minim sekali menggunakan bandwidth dibandingka aplikasi-aplikasi sejenis lainnya.

4. Mxit
Nah.. aplikasi ini saya pakai karena protes seorang teman yang nggak ngerti gimana caranya tahap-tahapan instalasi yang berbahasa Inggris.
Setelah googling sana-sini, akhirnya ketemu deh si Mxit ini yang punya dukungan bahasa Indonesia dalam proses instalasi dan penggunaannya.. hehehe
Protokol IM yang didukungnya pun terbilang lengkap.
Bahkan protokok seperti ICQ, AOL Messenger dan Jabber pun didukung oleh Mxit.
Plus, sama seperti YehBa, Mxit pun sangat hebat dalam manajemen bandwidth-nya.
Jadi bagi Anda yang menggunakan akses internet berbasis quota, Mxit sangat ideal digunakan.

5. shMessenger
Ini adalah aplikasi yang pertama kali saya gunakan dan masih terus bertengger di Nokia 9500 saya.
Sayangnya aplikasi shMessenger hanya mendukung layanan YM (Yahoo Messenger).
Tapi bagi Anda yang hanya perlu menggunakan aplikasi YM saja, shMessenger adalah aplikasi yang sangat mirip segala fiturnya dengan versi aslinya.

6. Mig33
Aplikasi chatting via hape yang populer dari Australia ini terbilang powerfull dengan dukungan akses port layanan IM populer seperti MSN, YM, GTalk dan AIM.
Dengan kemudahan menggunakan fasilitas mobile chatting dan fitur berbagi foto yang tersimpan dalam ponsel Anda plus telepon murah via VoIP maka aplikasi ini sangat menyenangkan untuk digunakan.
Tertarik menggunakannya?

7. Slick
Aplikasi yang sedang menanjak popularitasnya.
Dengan fitur text messaging, emoticon, alert dengan mode getar, suara, back light dan pop-up maka Slick sangat menyenangkan untuk dicoba.
Mendukung port aplikasi IM (instant messaging) populer seperti ICQ, Jabber, YM, AIM, MSN, GTalk.
Sayangnya Slick baru tersedia untuk ponsel dengan basis sistem operasi Symbian atau Windows Mobile.

8. Agile Messenger
Jika Anda mengkhawatirkan masalah kompatibilitas aplikasi instant messaging dengan ponsel yang Anda miliki maka Agile Messenger adalah jawabannya.
Aplikasi chatting Agile Messenger sangat populer karena memiliki kompatibilitas tinggi dengan ponsel-ponsel berbasis sistem operasi Symbian seperti Nokia/Sonny Erickson, Windows Mobile dan PocketPC.
Tertarik menggunakannya?

9. EQO
Ingin bertelepon murah via teknologi VoIP?
Atau ingin mengintegrasikan beberapa account instant messaging populer seperti MSN, Jabber, AIM, Yahoo Messenger, GoogleTalk, ICQ dan QQ?
Maka aplikasi EQO ini sangat layak untuk Anda coba.
Dengan dukungan multiple-chat serta memperlihatkan phone book kontak/teman chat yang sedang online dalam satu tampilan layar maka EQO adalah aplikasi yang sangat powerfull.

10. Morange V
Anda penggila situs portal social networking seperti Facebook?
Jika jawabannya adalah YA maka Morange dengan dukungan fitur social networking bisa sangat menyenangkan buat Anda gunakan mengakses Facebook melalui handphone.
Selain fitur social networking, Morange menyediakan fitur-fitur lainnya seperti mobile photo sharing untuk berbagi foto-foto Anda, mobile sayings dan prakiraan cuaca global.
Fitur dahsyat lainnya adalah aplikasi push-email dan web surfing.

FOR ANDROID

1. Whatsapp Messenger

Siapa yang tidak kenal whatsapp Messenger. Aplikasi ini sering hanya disebut whatsapp aplikasi chat antar platform ini telah lama ada di Android. Whatsapp telah diunduh lebih dari seratus juta pengguna. kita bisa chat langsung dengan teman kita jika kita telah mempunyai nomer HP teman kita yeng telah didaftarkan whatsapp dan whatsapp akan langsung mendeteksi siapa saja yang di daftar kontak kita yang menggunakan whatsapp. Aplikasi ini termasuk yang sederhan daripada messenger lain yang beredar. Kita bisa mengirim file attachment berupa gambar, audio, video dan voice chat kepada teman kita.

2. LINE: Free Calls & Messages

Seperti halnya whatsapp, LINE juga salah satu aplikasi populer untuk menggantikan SMS. Dengan LINe tak hanya mengobrol dan mengirim attachment saja, kita juga bisa bermain game bareng teman kita. Selain itu terdapat sticker sticker lucu yang bisa bergerak yang akan menambah segar suasana chatting kita. LINE juga telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta user.

3. Kakaotalk

Kakaotalk belakangan ini sering muncul di layar TV. Dengan bintang iklan sherina munaf dan NOAH band ini juga memiliki fitur sticker dan game seperti halnya LINE. Selain itu terdapat VOICE FILTER yang mana kita akan bersuara seperti aplikasi TALKING TOM & BEN.

4. WeChat

Aplikasi android ini telah diinstall lebih dari 50 juta pengguna. Sama seperti aplikasi lain, kita bisa mengirim pesan, baik itu suara, teks, video dan voice chat. Dengan WeChat kita juga bisa mencari teman yang juga mengunakan wechat yang ada disekitar kita.

5. Blackberry Messenger

Aplikasi yang dahulu hanya bisa digunakan pada device Blackberry, kini bisa dinikmati oleh pengguna android. BBM (Blackberry Messenger) ini pada hari peluncuruannya telah diunduh sebanyak 2 juta pengguna. namun syang BBM hanya bisa dinikmati oleh user yang menggunakan android versi Ice cream Sandwich 4 keatas.

Selain kelima aplikasi chat diatas  ada juga seperti Yahoo! Messenger, Viber, Facebook Messenger, Skype, Hangouts, Kik Messnger. Semua aplikasi itu dapat diunduh di play store.

Ps: Ada aplikasi yang bisa digunakan di via android maupun windows 😀 Misalnya : LINE / Viber/ dsb. jadi jangan bingung dulu (?)

SEMOGA BERMANFAAT

BANNER1

By: Absen 12 / Danger Class

Cr: teno.kompas; winksite.mobi;laptopkita; dsb. Google pastinya ._.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s