Tsundere, Dandere, Yandere, Kuudere, Yangire?

Apasih sebenernya Tsundere, Dandere, Yandere, Kuudere, Yangire itu? Well sekarang kita akan membahas tentang ke 5 karakter anime itu 😀

Silahkan disimak 😀

1.) Tsundere

Tsundere adalah kata gabungan dari tsun-tsun dan dere-dere. Tsun-tsun sendiri bermakna seseorang yang berwatak agresif (bukan dalam artian kasar atau bar bar) atau berdarah panas. Setelah dua kata itu digabung menjadi tsundere, yang bermakna orang yang keras, berdarah panas, namun di saat yang tepat menjadi sangat “lovely”. Biasanya tokoh bersifat tsundere ini sangat tidak mengakui perasaan sukanya ke suatu tokoh, sehingga untuk menutupinya dia akan berbuat kebalikan dari yang sebenarnya ingin dia lakukan untuk menunjukkan perasaan sukanya. Biasanya tokoh yang disukai si tsundere ini menjadi salah paham dan berpikir dirinya dibenci si tsundere. Kalau bisa saya bilang, sifat tsundere ini pride-nya terlalu besar, membuatnya jadi malu mengakui perasaan sukanya, dan di situlah letak menariknya karakter ini.

2.) Dandere

Dandere gabungan dari kata danmari yang berarti diam dan dere-dere, jadi karakter tipe ini adalah karakter yang pendiam, tidak banyak tingkah, umumnya pemalu, namun pada saat “klik”, dia bisa melakukan hal-hal yang tidak terduga kepada karakter yang disukainya. Bagi saya pribadi, karakter ini juga lumayan menarik. Untuk PDKT ke karakter tipe ini memang butuh perjuangan ekstra, tapi sekalinya berhasil, dijamin… rasanya gak bisa lepas lagi. Sya juga berani bilang, dari level moe-nya, dandere bisa bersaing ketat dengan tsundere.

3.) Yandere

Yandere adalah gabungan dari kata yanderu yang berarti… ehm, gangguan metal atau gangguan jiwa dan dere-dere. karakter yandere biasanya terlihat sangat baik, lembut, penuh kasih sayang di awal, sebelum pada akhirnya perasaannya itu menghancurkan semua, biasanya melalui kekerasan. Karakter yandere sebenarnya sangat mencintai pujaan hatinya, namun cintanya yang dibarengi dengan ketidakstabilan mental di dirinya membuatnya menyalurkan perasaanya melalui kekerasan, entah itu kepada karakter yang disukainya ataupun karakter lain yang berusaha mendekati karakter yang disukainya.kesimpulannya karakter ini rela membunuh demi cinta. Karakter jenis ini sering menuai kritik!

4.) Kuudere

Kuudere berasal dari gabungan kata cool (dalam Bahasa Jepang dibaca kuuru) yang artinya… keren, cool, gagah dan dere-dere. Biasanya karakter kuudere adalah karakter di cerita RPG. Karakter ini memiliki tatapan tajam, sedikit lebih kaku dari tsundere, kuat, sedikit emosi dengan gaya bicara cenderung formal. Walaupun kadang terlihat agak macho, pada saat tertentu karakter kuudere justru terlihat sangat manis dan… membuat yang melihatnya terpana oleh auranya.

5.) Yangire

Oke, yang terakhir untuk sementara ini…. Yangire, sampai sekarang masih gak ngerti ini asalnya dari gabungan kata atau memang kata yang berdiri sendiri. Yangire bisa dibilang bentuk lain dari yandere, kalau yandere karakter sakit mental yang ada perasaan cinta, yangire adalah karakter yang sakit mental tanpa ada perasaan cinta, tanpa ada pemicu yang jelas bisa muncul tiba-tiba sifat psikopatnya, lalu bisa tiba-tiba hilang dan kembali menjadi orang baik lagi. Biasanya karakter ini terbentuk karena masa lalunya yang kelam 😦

Well, that’s all! 😀
Semoga bermanfaat! Yang mana karakter kamu? :3

cr: anime-art-inc

Advertisements

13 thoughts on “Tsundere, Dandere, Yandere, Kuudere, Yangire?”

      1. coba cari tutorial ia’.. q cuma ngikutin tutorial soalnya..
        kalo ga salah ada separate2 post atau page apaa gitu..

        aku juga udah lupa soalnya orz…
        too much thinking~

      2. Masalahnya aku lupa nemunya gimana..
        Aku mbukak 1-1 ia’.. ada di halaman2 awal kok.. OuO)b kemarin kan leptopku lemot.. jadi beberapa aku repair dan clear semua history di chrome sama firefox..
        makanya itu aku ga ngasih link ._.
        coba.. liat2 dulu yang awal.. pasti adaa 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s